KSAD Minta Lab PCR Bantuan Kemhan Beroperasi Pekan Depan

KSAD Minta Lab PCR Bantuan Kemhan Beroperasi Pekan Depan

JAKARTA Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meminta seluruh laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dapat dioperasikan secara keseluruhan pada pekan depan.

Hal itu disampaikan Andika saat melakukan teleconference bersama jajarannya mengenai perkembangan pengoperasian laboratorium PCR bantuan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (8/12/2020). (Baca juga: Kasad Andika Beri Penghargaan kepada Prajurit Pindah Tugas di Kampung Halaman)

Dalam teleconference tersebut, Andika meminta jajarannya untuk melaporkan perkembangan laboratorium PCR untuk Rumah Sakit TNI AD dan seluruh kepala rumah sakit. Seperti diketahui laboratorium PCR tersebut merupakan bantuan dari BNPB dan Kemhan. (Baca juga: Jenderal Andika Apresiasi Temuan Inovasi Alat Tes Corona oleh UGM)

Aslog KSAD, Mayjen TNI Jani Iswanto melaporkan laboratorium PCR dukungan BNPB telah beroperasi di seluruh rumah sakit. Ketujuh rumah sakit itu, di antaranya Rumah Sakit Tk ll Iskandar Muda Banda Aceh, Rumah Sakit Tk III dr Reksodiwiryo Padang, Rumah Sakit dr Bratanata Jambi, Rumah Sakit Tentara Tk Ill dr Sindhu Trisno, Rumah Sakit Tk IV dr Sumantri, dan dua rumah sakit lainnya. “Dari Kemhan, dari 17 ada 7 yang sedang melaksanakan pelatihan sedangkan yang lainnya sudah selesai,” kata Aslog.

Baca Juga:
  • Tinjau Penanganan Erupsi Gunung Semeru, BNPB Serahkan Bantuan Rp500 Juta
  • Liburan, Jangan Lengah Penularan Covid-19

Mendapat laporan tersebut, Andika meminta agar pada pekan depan seluruh laboratorium PCR dapat dioperasikan secara keseluruhan. Andika Perkasa akan terus memberikan dukungan kepada seluruh RS TNI AD sebagai garda depan dalam penanganan pandemi Covid-19. “Oke bagus sekali, harusnya minggu depan pada saat kita ketemu lagi semuanya sudah operasional kalau saya dengar laporan dari 7 rumah sakit. Jadi Jumat depan saya ingin cek sekali lagi keseluruhan tentang kondisi terakhir,” kata Andika.

(cip)

Close