Kobaran Api Melalap Belasan Hektare Lahan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Kobaran Api Melalap Belasan Hektare Lahan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

BOMBANA – Kebakaran hebat melanda kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di Desa Lombakasih, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Kobaran api mulai terlihat pada Jumat (26/2/2021) sore, dan terus membesar hingga malam hari.

Baca juga: Ibu dan Anak Tewas Terjebak dalam Kebakaran Rumah di Surabaya

Terjangan angin kencang, membuat kobaran api semakin cepat membesar hingga menghanguskan belasan hektare lahan di kawasan padang savana tersebut. Petugas dibuat kewalahan untuk memadamkan api , karena luasnya area kebakaran dan kencangnya tiupan angin.

Baca Juga:
  • Terjadi 137 Karhutla di Awal 2021, Jokowi Ingatkan Kepala Daerah
  • Gagal Tangani Karhutla, Jokowi: Aturannya Masih Sama Dicopot

Lahan yang terbakar merupakan padang savana, dengan vegetasi alang-alang dan semak, sehingga membuat api cepat membesar dan menjalar ke beberapa titik. Meski sempat kewalahan, namun petugas Satgas Karhutla Manggala Agni akhirnya berhasil memadamkan api.

Baca juga: Atas Nama Presiden Jokowi, Edy Rahmayadi Lantik Bobby Nasutin Jadi Wali Kota Medan

Petugas sempat kewalahan memadamkan api, karena lokasi kebakaran cukup jauh dengan sumber air. “Kami juga harus membaca arah angin, agar tidak terjebak dalam asap,” ujar petugas anggota Satgas Karhutla Manggala Agni, Yulius.

Kobaran Api Melalap Belasan Hektare Lahan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Kobaran api baru bisa dipadamkan pada tengah malam, itupun setelah petugas menambah beberapa mesin pompa air. Kawasan lahan yang terbakar mencapai belasan hektar, dan hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran. Baca juga: Denpasar Gempar, Istri Melahirkan di RS Suami Perkosa Anak Kandung yang Masih 8 Tahun

(eyt)

Close