Jenderal Haftar Umbar Ancaman, Pasukan Turki Jadi Target Serangan

Jenderal Haftar Umbar Ancaman, Pasukan Turki Jadi Target Serangan

BENGHAZI Jenderal Khalifa Haftar mengancam akan menggunakan kekuatan terhadap pasukan Turki jika Ankara tidak berhenti ikut campur di Libya yang tengah dilanda perang. Haftar adalah komandan Tentara Nasional Libya (LNA) yang menjadi pesaing bagi pemerintahan Libya yang diakui PBB.

Komentar Khalifa Haftar muncul sebagai respon atas keputusan parlemen Turki yang memperpanjang undang-undang selama 18 bulan yang memungkinkan penempatan pasukan Turki di Libya. Bantuan militer Turki kepada pemerintah yang berbasis di Tripoli – termasuk penasihat, peralatan, dan intelijen – membantu menghentikan serangan Haftar selama setahun di Ibu Kota. Turki juga dituduh mengirim ribuan tentara bayaran Suriah ke Libya.

“Tidak akan ada keamanan atau perdamaian selama sepatu bot militer Turki menodai tanah kami yang bersih,” kata Haftar dalam pernyataan dari markasnya di Benghazi, pada peringatan 69 tahun kemerdekaan Libya.

Baca Juga:
  • Turki Siapkan Langkah Balasan Terhadap Sanksi AS
  • Turki: Sanksi AS Tak Pengaruhi Kesepakatan Helikopter dengan Pakistan

“Kami akan membawa senjata untuk mewujudkan perdamaian dengan tangan kami sendiri dan keinginan bebas kami,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Araby, Sabtu (26/12/2020).

Libya jatuh ke dalam kekacauan setelah pemberontakan tahun 2011 yang menggulingkan dan membunuh diktator Muammar Gaddafi. Sejak 2015, Libya telah terbagi antara dua pemerintahan, satu di timur dan satu di barat. Pemerintah barat dikenal sebagai Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) dan secara resmi diakui oleh PBB.

Haftar telah bersekutu dengan pemerintah timur di Benghazi, sementara Turki mendukung GNA yang berbasis di Tripoli.

Keputusan anggota parlemen Turki diambil Selasa lalu, meskipun gencatan senjata yang ditengahi PBB di Libya diumumkan pada bulan Oktober. Kesepakatan gencatan senjata merencanakan kepergian pasukan asing dan tentara bayaran dari Libya dalam waktu tiga bulan.

Close