Ithra Arab Saudi Luncurkan Pameran Unik Seni Islam dan Budaya Masjid

RIYADH – Pusat Kebudayaan Dunia Raja Abdulaziz Arab Saudi (Ithra) meluncurkan pameran pertama sejenis ini yang menampilkan lebih dari 100 objek dan artefak seni Islam serta budaya masjid.

“Pameran bernama ‘Shatr AlMasjid: The Art of Orientation’ menampilkan 116 elemen, karya seni, dan motif dari penjuru dunia dengan tujuan memperluas pemahaman publik tentang bagaimana fungsi sosial, agama dan budaya masjid telah berkembang selama berabad-abad,” ungkap pernyataan Ithra.

Ithra Arab Saudi Luncurkan Pameran Unik Seni Islam dan Budaya Masjid

Pameran ini juga menawarkan tur virtual reality (VR) berbagai masjid dari penjuru dunia, memungkinkan pengunjung merasakan pemandangan langsung dari berbagai tempat ibadah, termasuk Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Baca Juga:
  • Asal-usul Orang Arab dan Suku-sukunya
  • Masjid Darurat untuk Korban Gempa Bumi Mamuju

Baca juga: 4 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Mengubah Dunia

Kontribusi dari para pembicara Arab dan internasional termasuk peneliti, penyair, seniman, cendekiawan dan sejarawan juga tersedia.

Baca juga: Wapres Sebut Inovasi Fintech Syariah Penting dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Pameran “Seni Orientasi” juga mengeksplorasi bagaimana masjid dulu berfungsi sebagai klinik dan sekolah di masa lalu, dan menyajikan resep, buku medis, dan praktik menulis yang berusia berabad-abad.

Ithra Arab Saudi Luncurkan Pameran Unik Seni Islam dan Budaya Masjid
Close