SURABAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes), menggelar kegiatan pemeriksaan dan operasi bibir sumbing secara gratis. Kegiatan ini berlangsung di Klinik Bedah Plastik RSUD Dr. Mohamad Soewandhie Surabaya dalam memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), Senin (31/5/2021).

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menuturkan, kegiatan pemeriksaan dan operasi bibir sumbing gratis merupakan rangkaian dari peringatan HJKS ke-728. Dengan tujuan, untuk membantu memperbaiki kualitas hidup pasien melalui penanganan operasi dan terapi lain secara paripurna. Baca juga: Asam Folat Tercukupi selama Hamil Cegah Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

“Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak 27 Mei-9 Juni 2021, dengan diawali screening, pemeriksaan penunjang dan sebagainya. Sedangkan kegiatan operasi, dimulai pada 31 Mei sampai 8 Juni 2021,” kata Febri, Minggu (30/5/2021).

Ia melanjutkan, seluruh masyarakat diperbolehkan mengikuti layanan kesehatan ini. Tanpa terkecuali warga luar Kota Surabaya. Bahkan, Dinkes juga tidak membatasi jumlah peserta. “Untuk sasarannya adalah pasien dengan celah bibir dan atau celah langit-langit. Kita juga tidak ada pembatasan kuota dan bebas biaya,” ungkapnya. Baca juga: Smile Train dan SnackVideo Berkolaborasi Bantu Anak-Anak Penderita Bibir Sumbing

Baca Juga:
  • Gelar Pertemuan dengan Khofifah, Ridwan Kamil: Tidak Ada Kaitan dengan Pilpres
  • KAHMI Jatim Beri Award ke Gubernur Khofifah Atas Penanganan COVID-19

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti layanan kesehatan gratis ini, dapat langsung mendaftar melalui Klinik Bedah Plastik di RSUD Dr. Mohamad Soewandhie Surabaya. Bahkan, katanya, apabila setelah tanggal 9 Juni 2021 masih ada masyarakat yang berminat, Dinkes Surabaya tetap mempersilahkan untuk datang.“Apabila masih ada yang berminat setelah tanggal 9 Juni 2021, kami tetap persilahkan datang ke rumah sakit untuk mendapat penanganan yang sama,” katanya.

(don)