JAKARTA – Galang Hendra Pratama bertekad untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pada seri ketiga World Supersport 600 (WSSP) di Sirkuit Misano, Italia, pekan depan. Pada dua seri sebelumnya, joki “Semakin di Depan” itu berhasil meraih poin di seri perdana lalu finish ke-20 dan ke-19 pada dua race seri kedua.

Perjuangan all-out yang dilakukannya dalam race pertama WorldSSP di Sirkuit Estoril Portugal, Sabtu (29 Mei 2021), pada akhirnya menempatkan pembalap kebanggaan Tanah Air tersebut di posisi ke-20. Menurut data race, pembalap binaan Yamaha Racing Indonesia ini terbukti konsisten dengan catatan waktu 1 menit 42 detik hingga 1 menit 43 detik untuk setiap lap.

BACA JUGA: Agostini: Rossi Harus Berani Berkata Cukup

Bahkan top speed dari pacuan kuda besi Yamaha YZF-R6 yang dikendarainya berada di peringkat ketujuh dengan top speed 282,7 km/jam. Faktanya memang finisher ke-12 hingga ke-20 punya gap waktu yang relatif rapat menunjukkan persaingan yang sangat ketat.

Baca Juga:
  • Pembalap Federal Oil Gresini Moto2 Siap Tampil Habis-habisan di Le Mans
  • Mario Finish Lima Besar di FIM CEV Moto3 Valencia

Sedangkan pada race kedua, Minggu 30 Mei 2021, racer berusia 22 tahun asal Yogyakarta itu finish ke-19 dan konsisten bermain di catatan waktu 1 menit 42 detik hingga 1 menit 43 detik. Tidak pernah turun signifikan. Termasuk pencapaian top speed yang ada di peringkat ke-11 dengan top speed 282 km/jam.

“Ini bukan akhir pekan yang baik buat saya di Estoril. Set up motor hari ini (Minggu) lebih baik dibandingkan hari kemarin (Sabtu). Sebelum warm-up, kami telah melakukan perubahan pada suspensi dan itu bekerja dengan baik. Saya merasa kuat dalam race 2 namun ketika memasuki enam putaran terakhir saya mulai merasakan nyeri pada lengan lalu mencoba untuk tetap tenang dan penting untuk saya menyelesaikan balapan ini. Saya ingin berterima kasih pada tim yang sudah bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang hebat dengan dukungan sponsor. Saya telah menjalani operasi pada lengan untuk penyembuhan arm pump ini dan kami akan kembali lebih kuat di Misano!” tutur Galang Hendra Pratama dalam keterangan persnya, Rabu (2/6/2021).

BACA JUGA: Rossi Komentari Insiden Bastianini Seruduk Motor Bagian Belakang Zarco

Hasil yang sudah dicapai ini akan dievaluasi bersama untuk melangkah ke depan lebih baik. Proses komunikasi intens akan terus diupayakan untuk meningkatkan perfoma motor ataupun pembalap.

Strategi itu dilakukan sebagai persiapan menuju putaran WorldSSP di Misano Italia pada tanggal 12-13 Juni. Terlebih lagi, rekan satu tim Galang Hendra , yakni Dominique Aegerter dapat merebut podium juara di race ke-2 WorldSSP Estoril.

Proses tukar pikiran dapat dilakukan untuk memperoleh input. Target memperoleh poin wajib diupayakan kembali seperti yang pernah diraih dalam dua race di Aragon Spanyol dengan mendapatkan 7 poin dan saat ini ada di posisi ke-17 dalam klasemen sementara WorldSSP.

(mirz)