DUBAI – Gelandang tim nasional (timnas) Indonesia Evan Dimas menilai golnya ke gawang Oman tidak berarti apa-apa. Baginya, lebih baik tidak mencetak gol tapi timnas Merah Putih menang.

Indonesia menelan kekalahan 1-3 pada laga uji coba melawan Oman di Stadion The Sevens, Dubai, Uni Emirat Arab (29/5/2021). Evan Dimas bermain sebagai starter pada laga tersebut.

Baca juga: Dikalahkan Oman, Shin Tae-yong: Bagian dari Proses

Timnas kebobolan lebih dulu melalui kaki Saleh Al Ghassani di babak pertama. Ketinggalan satu gol membuat tim asuhan Shin Tae-yong terpacu hingga akhirnya Evan Dimas menyamakan kedudukan di menit ke-51.

Baca Juga:
  • Ditekuk Oman, Timnas Indonesia Telan Kekalahan Kedua
  • Susunan Pemain Timnas Oman vs Indonesia

Kendati demikian, timnas tak dapat menambah atau menambahkan gol, mereka justru kemasukan dua gol di babak kedua dan bertahan hingga akhir laga.

Baca juga: Piala Eropa 2020: Roberto Martinez, ‘Malaikat Pelindung’ si Iblis

Terkait hal itu, Evan Dimas menilai golnya tersebut tidaklah berarti. Ia lebih mengedepankan kemenangan Timnas di setiap pertandingannya.

“Jujur, tidak ada artinya gol saya, tapi tim kita kalah. Lebih baik saya tidak cetak gol, tapi tim saya menang,” ucapnya dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (31/5/2021)

Evan pun tak ingin terbuai dengan sumbangan gol yang diciptakan. Ia memilih untuk berbenah diri dan fokus untuk menghadapi laga kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Juni mendatang.

Ia pun meminta masyarakat Indonesia untuk terus mendukung perjalanan Timnas selama di Dubai. Meski merasa kurang karena tak dapat didukung secara langsung, namun menurutnya doa dari masyarakat dapat berpengaruh bagi mereka.

“Tentu kita tetap meminta dukungan dari suporter, kita sudah berjuang, tetapi kalau tidak ada dukungan dan doa-doa suporter, kurang lengkap rasanya. Jadi kita tetap meminta itu kepada masyarakat Indonesia, agar langkah kita juga dipermudah,” tutur Evan.

Dalam dua laga uji coba kemarin melawan Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei, Timnas Indonesia selalu berhasil cetak gol dengan pemain yang berbeda. Saat kalah 2-3 lawan Afghanistan, gol Timnas diciptakan Egy Maulana Vikry dan Adam Alis.

Dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada 3 Juni, Vietnam pada 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni. Tiga pertandingan tersebut akan digelar di Dubai.

(sha)