LONDON – Tottenham Hotspur meraih kemenangan 2-1 atas Southampton pada pekan ke-32 Liga Inggris . Pertandingan itu menandai debut Ryan Mason di kursi pelatih The Lilywhites.

Kedua tim bertemu di Tottenham Hotspur Stadium, Kamis (22/4/2021) dini hari WIB. Meski menang, Tottenham masih tertahan di peringkat keenam klasemen sementara dengan poin 53. Mereka tertinggal dua angka dari Chelsea yang menghuni posisi keempat.

Southampton berusaha untuk menyerang pada awal pertandingan. Mereka mendapatkan peluang pada menit ketiga. Meski begitu, tandukan Mohammed Salisu bisa dihadang kiper Tottenham, Hugo Lloris.

Baca Juga: AC Milan Telan Kekalahan Dramatis Saat Menjamu Sassuolo

Setelah itu, tuan rumah dapat mendominasi aliran bola. Mereka kemudian nyaris memimpin saat laga memasuki menit ke-11. Sayang, tembakan Giovani Lo Celso masih sedikit melebar.

Baca Juga:
  • Ngaku Salah, Arsenal Minta Maaf Lantaran Latah Ikutan Liga Super Eropa
  • Preview Aston Villa vs Manchester City: Menjamu Tanpa Kartu As
  • Begini Cara Menghitung Kapan Lailatul Qadar Turun Tahun Ini

Meski begitu, The Lilywhites tak bisa menjaga konsistensinya. Mereka malah terbalik ditekan oleh Southampton. Beruntung. Serangan tim tamu maish belum bisa diselesaikan dengan baik.

Memasuki menit ke-30, akhirnya Southampton berhasil memimpin. Danny Ings berhasil mencetak gol melalui tandukannya. Berawal dari skema sepak pojok, dia meneruskan umpan James Ward-Prowse.

Kejadian itu membuat Tottenham terlihat begitu panik. Hal tersebut membuat mereka kesulitan untuk memaksimalkan serangan, sehingga tak ada gol tambahan sampai babak pertama usai.

Ketika pertandingan berlanjut, Tottenham langsung berusaha mencari gol penyeimbang. Meski begitu, mereka menemui kesulitan dalam menyelesaikan serangannya.

Baca Juga: Pimpin Tottenham, Ryan Mason Pelatih Termuda dalam Sejarah Liga Inggris

Akhirnya skuat asuhan Ryan Mason itu sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-60. Gareth Bale berhasil mencetak gol dengan tembakannya. Dia mampu memaksimalkan bola muntah, usai tembakan Lucas Moura sempat ditepis kiper Southampton Alex McCarthy.

Tottenham kemudian mendapat peluang untuk berbalik ungul pada menit ke-75. Son Heung-min sempat bahagia, karena menggetarkan gawang Southampton. Namun, VAR menganulirnya, karena Lucas Moura dianggap offside saat memberi umpan.

Memasuki menit ke-87, Tottenham memperoleh penalti. Moussa Djenepo menjatuhkan Sergio Reguilon di kotak terlarang dan wasit menunjuk titik putih. Son Heung-min yang menjadi eksekutor pun menjalankan tugasnya dengan baik, dan skor bertahan hingga laga berkhir.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur (4-2-3-1):Lloris; Aurier, Alderweireld, Dier, Reguilon; Ndombele, Hojbjerg; Bale, Lo Celso, Son; Lucas
Pelatih: Ryan Mason (interim)

Southampton (4-4-2):McCarthy; Walker-Peters, Bednarek, Vestergaard, Salisu; Walcott, Ward-Prowse, Armstrong, Tella; Ings, Adams
Pelatih: Ralph Hasenhuttl

(sha)