JAKARTA – Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menyampaikan belasungkawa untuk Kabinda Papua Brigjen I Gusti Putu Danny Nugraha Karya yang gugur ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Minggu (25/4/2021).

“Dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ikut berduka atas gugurnya Brigjen TNI I Putu Danny. Semoga almarhum mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Doni kepada SINDOnews, Minggu (25/4/2021).

Doni yang merasa sangat kehilangan itu pun menceritakan kedekatannya dengan Danny saat masih bertugas di TNI AD. Doni menilai Danny sosok perwira yang pemberani dan rela berkorban demi tugas.

Baca juga: Jenazah Kabinda Papua Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

“Saya merasa kehilangan karena Putu Danny salah satu perwira yang cukup lama bertugas bersama saya di berbagai daerah penugasan dan almarhum adalah sosok yang sosok pemberani, sosok patriot dan rela berkorban apa saja untuk kepentingan tugas di mana pun dia berada,” katanya.

Baca Juga:
  • Kabinda Papua Gugur Tertembak saat 6 Kelompok Besar OPM Berkumpul di Beoga
  • Gugur Ditembak KKB, Kepala BIN Daerah Papua Sempat Unggah ‘Alam Penuh Misteri’ di Akun FB
  • Puasa Menjauhi Diri dari Allah? Begini Penjelasan Quraish Shihab

Bahkan, menurut Doni, gugurnya I Putu Danny merupakan kehilangan besar bagi TNI, khususnya Komandan Pasukan Khusus (Kopassus). “Dan kehilangan Putu Danny adalah kehilangan yang besar buat TNI dan juga Angkatan Darat dan khususnya Kopassus, karena pengetahuan dan keterampilan Putu Danny dalam berbagai bidang di militer itu sangat banyak,” katanya.

“Sekali lagi kami semuanya turut berduka dan semoga almarhum mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” imbuhnya.

Baca juga: Jenazah Kabinda Papua Brigjen I Gusti Putu Danny Tiba di Jakarta Senin Sore

Diberitakan sebelumnya, Kabinda Papua Brigjen I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur ditembak KKB di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4/2021). Danny gugur saat meninjau lokasi pembakaran oleh KKB di Beoga, yang terjadi dua pekan lalu. KKB membakar SD dan sejumlah rumah di Distrik Beoga, Papua.

Menurut informasi yang diperoleh, jenazah almarhum Brigjen Putu Dani saat ini saat ini bisa dievakuasi dan sudah dibawa ke Puskesmas Beoga. Hingga saat ini, konfirmasi lebih lanjut terkait penembakan tersebut masih terus dicari.

(abd)