Calon Bos CIA: China Musuh yang Buas dan Otoriter

Calon Bos CIA: China Musuh yang Buas dan Otoriter

WASHINGTON – Calon direktur badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, pilihan presiden Joe Biden melihat persaingan dengan China dan melawan permusuhan dari kepemimpinanyang buas adalah kunci bagi keamanan nasional AS.

Hal itu diungkapkan William Burns kepada Komite Senat AS. Dalam kesempatan tersebut, mantan diplomat karier itu menguraikan empat prioritas teratasnya jika ia dikonfirmasi untuk memimpin CIA. Keempat prioritas itu adalah rakyat, kemitraan, China dan teknologi.

“China yang keluar untuk bersaing akan menjadi kunci keamanan nasional kita pada hari-hari mendatang,” kata Burns pada sidang konfirmasi seperti dikutip dari Reuters, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga:
  • China Rebut Kembali Posisi Mitra Dagang Utama India di Tengah Konflik Berdarah
  • Istri Cantik Bantu El Chapo Operasionalkan Kartel Sinaloa dari Penjara

Dia menyebut China sebagai musuh yang tangguh, otoriter, yang memperkuat kemampuannya untuk mencuri kekayaan intelektual, menekan rakyatnya, memperluas jangkauannya dan membangun pengaruh di Amerika Serikat.

Persaingan dengan China adalah prioritas utama bagi pemerintahan Biden dan untuk anggota Kongres yang menginginkan garis keras terhadap Beijing.

“Kepemimpinan China yang bersifat bermusuhan, buas menimbulkan tes geopolotik terbesar kita,” ujarnya.

Baca juga: Kirim Kapal Bersenjata ke Perairan Jepang, Pentagon Peringatkan China

Close