Bulgaria Berencana Lakukan Vaksinasi Massal pada Akhir Depan

Bulgaria Berencana Lakukan Vaksinasi Massal pada Akhir Depan

SOFIABulgaria mengatakan mereka berencana untuk memulai vaksinasi terhadap Covid-19 pada 27 Desember. Menurut Kepala Inspektur Kesehatan Bulgaria, Angel Kunchev vaksinasi, tahap pertama akan dilakukan di tiga kota utama negara itu.

Bersama dengan anggota Uni Eropa (UE) lainnya, Bulgaria telah menunggu European Medicines Agency (EMA) untuk menyetujui vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan obat Amerika Serikat (AS), Pfizer dan Jerman, BioNTech. EMA diperkirakan akan membuat pengumuman pada 21 Desember.

Kunchev mengatakan bahwa truk yang memuat vaksin diharapkan dikirim dari Belgia ke semua negara anggota UE pada 24 Desember dan memperkirakan batch untuk Bulgaria akan tiba di negara itu pada 25 atau 26 Desember.( Baca juga: Ini Data Prioritas yang Bakal Mendapatkan Vaksin Covid-19 di Bekasi )

“Kami siap dan akan mulai vaksinasi mulai hari berikutnya, 27 Desember, di rumah sakit di kota Sofia, Varna dan Burgas,” katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (21/12/2020).

Baca Juga:
  • Keberhasilan Vaksinasi COVID-19, Kepala BPOM: Perlu Partisipasi Masyarakat Lintas Sektor
  • Relawan Kawan Vaksin” di Seluruh Indonesia Siap Divaksin COVID-19 Perdana

“Batch pertama vaksin Pfizer dan BioNTech hanya akan 10 ribu dosis. Tapi, Bulgaria mengharapkan untuk menerima 57 ribu dosis lagi pada Januari dan pengiriman yang lebih besar mulai Februari, dan seterusnya,” sambungnya.

Bulgaria sendiri melaporkan 1.002 infeksi Covid-19 baru pada hari Minggu. Ini menjadikan total kasus infeksi Covid-19 di negara itu menjadi 191.029, dengan 6.551 kematian. ( Baca juga: Negara-negara Termiskin Dapat Vaksin COVID-19 pada Semester Satu 2021 )

(esn)

Close