JAKARTA – Menjalankan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim di dunia. Di Indonesia sendiri, puasa dilakukan selama 14 jam yaitu mulai dari imsak hingga waktu berbuka puasa. Namun, bagaimana dengan anak di bawah usia 5 tahun, apakah boleh menjalankan puasa?

“Sebetulnya sampai saat ini tidak ada rekomendasi pasti, kapan anak mulai dilatih berpuasa karena di agama sendiri tidak ada kewajiban sampai anak tersebut akil baligh sebetulnya, yang mana usia akil baligh ini usia 10-14 tahun,” kata dr. Meta Hanindita, Sp.A(K) beberapa waktu lalu.

Di bawah usia tersebut, dijelaskan dr. Meta tidak ada kewajiban menjalankan puasa. Terlepas dari usia, dr. Meta mempersilahkan jika para orang tua ingin melatih anak di bawah usia lima tahun untuk berpuasa. Namun, berdasarkan jurnal NHS menyebutkan bahwa anak di bawah usia tujuh tahun tidak dianjurkan berpuasa sampai full.

Baca Juga : Ibu Hamil Boleh Puasa, Ini Syaratnya!

“Umur berapa? Ini perkembangan anak berbeda-beda. Jadi tidak bisa dipastikan umur sekian. Tidak terlalu dilatih puasa yang benar-benar berambisi, setengah hari terus-terusan,” jelas dr. Meta.

Baca Juga:
  • Polsek Indrapura Sosialisasi Prokes Sembari Beri Bantuan Sembako
  • Tetap Semangat! Berikut 7 Keutamaan Orang yang Ikhlas Berpuasa
  • Human Initiative-Artis Andi Arsyil Bagikan Paket Bingkisan Ramadhan di Pengadegan

Alih-alih memaksa anak untuk berpuasa secara full, yang terpenting menurut dr. Meta adalah melatih anak menjalankan puasa secara bertahap dan perlahan. Hal ini bisa dimulai dengan cara membiasakan anak dengan mulai berpuasa selama empat jam, kemudian ditambah menjadi enam jam dan tidak adanya paksaan dari orang tua.

“Yang terpenting adalah buat saya pribadi, anak sebelum diminta berpuasa, harus mengerti juga nih apa hakikat dari puasa ini. Kenapa kita harus disuruh berpuasa? Nah, kalau kita menjelaskan hal tersebut ke anak yang usia 2 atau 3 tahun, kayaknya masih belum ngerti-ngerti amat nih,” papar dr. Meta.

Baca Juga : Waspada! Kemenkes Temukan 5 Klaster Covid-19 Baru

Pada dasarnya, orang tua yang ingin melatih buah hatinya untuk berpuasa harus melihat kemampuan anak itu sendiri. “Karena harus disesuaikan juga dengan yang paling penting jangan dipaksa. Anak tahu sendiri gimana sih kapasitas kemampuannya. Tapi kalau dipaksa harus, sebaiknya jangan,” tandasnya.

(dra)