JEPARA – Puluhan orang yang nongkrong di warung-warung tenda di trotoar Jalan HOS Cokroaminoto, Jepara, Jawa Tengah terjaring razia yustisi yang digelar petugas gabungan setempat, Minggu (23/5/2021) malam. Mereka harus menjalani swab test antigen.

Petugas gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lain melakukan razia untuk menegakkan protokol kesehatan. Warga yang terjaring razia diminta identitasnya. Selanjutnya mereka diminta swab test antigen.

Baca juga: Pikap Muat 15 Orang Rombongan Wisata ke Pantai Kecelakaan, Tiga Orang Tewas

“Keberadaan mereka di warung-warung telah melanggar aturan protokol kesehatan. Karena menimbulkan kerumunan serta tanpa jaga jarak,” kata Kasat Sabhara Polres Jepara AKP Syaifuddin.

Baca Juga:
  • Mulai 18 Mei, Masuk ke Aceh Wajib Bawa Surat Keterangan Bebas COVID-19
  • Cegah Penularan COVID-19, Salat Idul Fitri di Masjid Agung Palembang Dipercepat

Menurutnya, swab antigen ini untuk memastikan kondisi kesehatan orang-orang yang berkerumun. Dikhawatirkan ada di antara mereka yang positif COVID-19 sehingga menularkan ke orang lain.

Baca juga: Selesai Karantina, 8.997 PMI Telah Kembali ke Daerah Masing-Masing

Dalam razia ini ada 77 orang yang dirapid test. Semuanya dinyatakan negatif COVID-19. Razia ini dilakukan mengingat Jepara masuk zona orange dengan total positif COVID-19 mencapai 7.683 pasien.

(msd)