JAKARTA – Beberapa orang lebih suka tidur dalam gelap, dan beberapa tidak bisa menutup mata jika mereka tidak memiliki lampu di samping tempat tidur atau lampu kamar yang menyala.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar Menurut Ustadz Soleh Sofyan

Tertidur dengan cahaya yang redup mungkin tampak menenangkan. Namun sebenarnya, lampu yang tampaknya tidak berbahaya ini dapat mengurangi kualitas tidur anda. Menukil laman manifatturafalomo, berikut sejumlah manfaat tidur dalam lampu gelap.

1. Membuat lebih mudah tidur

Saat Anda bersiap untuk tidur, matikan semua lampu atau nyalakan lampu samping tempat tidur yang redup. Kegelapan meningkatkan relaksasi dan merangsang produksi melatonin, hormon yang membantu kita lebih mudah tidur nyenyak.

Baca Juga:
  • Puasa Aman Bagi Ibu Hamil, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi!
  • Sebelum Menjalani, Kenali Dulu Manfaat dan Efek Samping Diet Ketogenik
  • Hindari Hal-hal yang Makruh Dalam Berpuasa

2. Menghilangkan depresi

Menurut penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Universitas Negeri Ohio, tidur di dekat sumber cahaya mengganggu ritme sirkadian. Dengan kata lain, tubuh kita tidak tahu jam berapa untuk pergi tidur, dan ritme tubuh kita terdistorsi, menyebabkan ketidakseimbangan mental, dan kemungkinan konsekuensi risiko menderita depresi.

3. Membuat Anda lebih segar bugar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan lampu menyala dapat meningkatkan berat badan hingga 50%, yang tentunya kurang baik untuk kesehatan anda. Ini terjadi karena cahaya mengubah ritme biologis tubuh dan parameter metabolisme.

4. Memberikan istirahat yang cukup untuk mata

Tidur dalam gelap membantu mata anda beristirahat dengan benar. Tak heran, anak-anak yang biasanya tidur dengan lampu menyala justru lebih banyak mengalami masalah miopia.

Baca juga: Ramah Lingkungan, Tas Keranjang Ini Harganya Rp12 Juta

5. Mengurangi kemungkinan diabetes

Sebuah studi baru yang dilakukan di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago menerbitkan jurnal ilmiah Sleep, yang mengungkapkan bahwa menyalakan lampu saat tidur dapat berdampak negatif pada diabetes. Faktanya, terungkap bahwa paparan cahaya selama jam-jam tidur dapat memengaruhi resistensi insulin.

(nug)