JAKARTA Mimpi basah saat puasa dipercaya dapat membatalkan puasa. Namun anggapan tersebut tidaklah tepat.

Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam menuturkan, bahwa keluarnya air mani karena mimpi basah tidak membatalkan puasa. Sebab hal itu bukanlah sesuatu yang disengaja.

“Air mani atau sperma yang keluar tanpa disengaja hukumnya tidak sampai membatalkan puasa seseorang. Seperti yang sering disebut dengan istilah mimpi basah pada siang hari di bulan Ramadhan, sebab orang yang tidur tidak punya kuasa mengendalikan mimpinya,” tutur Ustadz Abu Hurairah saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Imunisasi Dapat Cegah Munculnya Berbagai Penyakit

Lebih lanjut, Ustadz Abu Hurairah mengatakan, lain halnya jika seseorang dengan sengaja mengeluarkan air maninya. Maka hal ini akan membatalkan puasanya.

Baca Juga:
  • Cerita Puasa dari Amerika, Selengkapnya di iNews Siang Minggu Pukul 11.00 WIB
  • Onani, Mimpi Basah, dan Ciuman di Siang Ramadhan Tak Wajib Bayar Denda
  • Ini Alasan Zakat Fitrah Boleh Dibagikan Sepanjang Tahun Bahkan Seumur Hidup

“Baik dengan cara onani maupun dengan cara bercumbu dengan pasangannya hingga keluar maninya,” kata Ustadz Abu Hurairah.

Sementara itu, dikutip dari chanel Youtube resmi Al-Bahjah TV milik pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, K.H Yahya Zainul Ma’arif (Buya Yahya) menjelaskan, berhubungan seks adalah salah satu penyebab batalnya puasa, yakni masuknya kemaluan laki-laki terhadap kemaluan perempuan dengan cara disengaja.

Baca Juga : Ini 10 Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa dari Berpelukan!

“Dia tahu dia puasa malah sengaja (bersenggama), kalau dia lupa sedang puasa lain cerita,” jelas Buya Yahya.

Namun lain halnya pula jika seseorang tengah tertidur dan mimpi basah, sehingga tanpa disadari keluarlah air maninya. Perbuatan tersebut termasuk tidak disengaja dan puasanya pun masih sah dijalankan.

“Kemudian jika ada orang mimpi basah keluar mani tidak batal puasanya karena tidak sengaja. Lagi tidur di siang hari tiba-tiba mimpi basah dilihat ada air mani, tidak batal puasanya,” tutup Buya Yahya.

(dra)