JAKARTA – Barcelona mulai berbenah menyambut kompetisi musim depan. Setelah Sergio Aguero dan Eric Garcia masuk gerbong Ronald Koeman, kini giliran Emerson Roya l yang dipulangkan ke Camp Nou.

Mengutip laman resmi Barcelona, Rabu (2/6/2021), Barcelona telah memberi tahu Real Betis bahwa mereka menggunakan hak mereka untuk membawa kembali Emerson mulai 1 Juli setelah dua musim dipinjamkan ke klub Andalusia.

BACA JUGA: Aguero Resmi Bela Barcelona, Lionel Messi Siap Bertahan di Camp Nou

Hadirnya Emerson semakin memperkuat lini pertahanan Barcelona. Pemain kelahiran Sao Paulo, Brasil, 14 Januari 1999 itu dikenal sebagai bek kanan yang punya tipikal membantu serangan.

Baca Juga:
  • 10 Hal Menarik Tentang Bek Anyar Barca Eric Garcia
  • Sah Jadi Rekrutan Kedua Barcelona, Biaya Pembebasan Eric Garcia Rp6,9 Triliun!

Emerson digadang-gadang dapat memberikan gaya permainan menyerang Barcelona semakin tajam. Pasalnya, selama membela Betis, dia telah mencetak lima gol dan menciptakan 10 assist.

BACA JUGA: Aguero dan Eric Garcia Resmi Bergabung, Begini Formasi Barcelona Musim 2021/2021

Selama dua musim terakhir, hanya Jordi Alba (Barcelona), Jesus Navas (Sevilla), dan Kieran Trippier (Atletico Madrid), yang memberikan lebih banyak assist daripada Emerson sebagai bek.

Berikut Tentang Emerson:

1. Pernah Jadi Penyerang
Emerson awalnya ditempatkan sebagai seorang penyerang ketika ia masih berusia 11 tahun. Saat itu pelatih memindahkannya ke gelandang bertahan, dan kemudian karena mereka tidak memiliki stok bek sayap kanan, akhirnya ia kembali memindahkan pemain itu di posisi bek kanan yang kini menjadi tempat favoritnya.

2. Gol pertama
Pada 2 April 2018, Emerson mencetak gol profesional pertamanya. Itu adalah screamer jarak jauh yang juga memenangkan Copa do Interior untuk klub Ponte Preta di Sao Paulo di mana ia menghabiskan sebagian besar masa mudanya.

3. Lanjutkan Tradisi
Barcelona sepertinya ingin melanjutkan tradisi saat mereka memulangkan Emerson ke Camp Nou. Perpindahan posisi sudah lama terjadi sejak Johan Cruyff menangani Barcelona.

Saat itu Cruyff memindahkan Aloisio ke bek tengah ke bek kanan. Sejak itu, sejumlah pelatih doyan menukar posisi seperti yang dialami Belletti, Dani Alves, Adriano dan Douglas yang bisa bermain di kiri atau kanan dan sekarang Emerson adalah serangkaian bek sayap Brasil yang pernah bermain untuk Barcelona.

(mirz)