KUNINGAN – Pemerintah Kabupaten Kuningan beserta Polres Kuningan, Jawa Barat memberlakukan penyekatan arus mudik lebaran 1442 Hijriah. Ada sekitar 6 titik yang disekat dalam pengamanan arus mudik lebaran tahun ini.

Pos penyekatan sendiri diberlakukan di Patung Ikan Sampora, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sejak tanggal 22 April 2021.

Pengamatan MNC Portal di pos check poin Patung Tugu Ikan Sampora pada Sabtu (1/5/2021) malam, petugas yang tergabung dari Kepolisian, TNI, Satpol PP dan petugas medis Sukamulya memeriksa satu persatu kendaraan baik roda 2 dan 4.

Kendaraan yang menjadi target pemeriksaan dari petugas yakni kendaraan plat dari luar daerah seperti B-D.

Bahkan akan kendaraan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mengarah ke Kuningan juga tak luput dari pemeriksaan petugas.

Baca Juga:
  • Pandemi Masih Mengancam, Masyarakat Diminta Jangan Mudik Dulu
  • Ribuan Pemudik Sudah Tiba di Kabupaten Pekalongan
  • Berpuasa Perkuat Pengendalian Diri dan Toleransi

Begitu juga bus angkutan antar kota antar provinsi, petugas juga diberhentikan untuk diperiksa. Mereka diberhentikan untuk diperiksa surat-surat baik surat kendaraan, hasil swab antigen maupun surat keterangan dari perusahaan.

Namun, di lokasi masih banyak sopir kendaraan dengan leter B dan D dan T mengaku merupakan orang Kuningan. Petugas yang berjaga pun tidak percaya begitu saja.

“Kita tetap periksa surat-surat mereka. Yang diperiksa surat hasil swab, dan kalau dia dari perusahaan harus menjukan surat-surat hasil swabnya,” kata Kapolsek Cilimus Kompol Abdul Majid ketika ditemui MNC Portal di pos check poin Patung Tugu Ikan Sampora, Kabupaten Kuningan.

Meski banyak kendaraan leter B dan D yang melintas, pihaknya belum memberlakukan penindakan seperti putar arah. Karena, kebanyakan sopir dengan berplat nomor B dan D mengaku adalah warga Kuningan.

Baca juga: Tragis! 3 Sopir Tewas Tergencet Truk di Tol Cipularang Purwakarta Akibat Dongkrak Lepas

“Banyak orang Kuningan punya plat B, dan plat kendaraan luar daerah lainnya, tapi mereka kerja di Cirebon dan sekitarnya,” jelas dia.

Banyak juga: Hengki Diminta Jaga Integritas untuk Pulihkan Kepercayaan Publik di KBB

Hingga berita ini diterbitkan, petugas masih melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan roda 4, yang berplat nomor Kuningan. Begitu juga bus dan travel, mereka juga tak luput dari pemeriksaan.

(boy)