Banser Jatim Berencana Bentuk Satu Pleton Pasukan di Tiap Desa

PASURUAN – Barisan Ansor Serbaguna ( Banser ) Jatim terus memperkuat peran strategisnya untuk mendukung pemerintah menjaga situasi keamanan. Pasukan paramiliter NU itu berencana membentuk satu pleton Banser di setiap desa di Jatim yang jumlahnya terdiri dari 55 orang pasukan.

“Satu pleton itu kalau dikalikan jumlah desa di Jatim jumlahnya bisa luar biasa, dan ini adalah amanat Ketua PWNU Jatim,” ujar Ketua PW Ansor Jatim, HM Syafiq Syauqi Ketika membuka Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) I di Hotel Permata Biru, Pasuruan.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan, Pemkot Blitar Rogoh Rp4 M untuk Palang Pintu KA

Syafiq mengatakan, amanat pembentukan 1 pleton Banser di setiap desa itu akan menjadi tugas Kasatkorwil Banser Jatim yang saat ini dijabat oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf. Syafiq menambahkan, berdasarkan data dari periode sebelum dia menjabat, anggota Banser di Jatim jumlahnya mencapai 500 ribu personel.

Baca Juga:
  • Perkuat Sinergitas, DPP PKB Silaturahim ke PWNU Jatim
  • Tragis, Terapis Keliling di Kediri Tewas kesetrum Perkakasnya Sendiri
  • Benda Mencurigakan Gegerkan Terminal Purboyo, Tim Penjinak Bom Datang ke Lokasi

“Dulu baru didata 50 ribu anggota servernya sudah jebol. Ke depan akan kami perbaiki,” ujar pria yang akrab disapa Gus Syafiq itu.

Menurut Kasatkorwil Banser Jawa Timur, HM Irsyad Yusuf, Rakorwil tahun ini untuk menyamakan persepsi Banser se-Jatim terkait program kerja. Mengangkat tema “Konsolidasi Banser Jatim, Solid Satu Komando”. Tujuannya agar bisa menyatukan kekuatan Banser se-Jawa Timur

“Ini adalah momentum untuk konsolidasi Banser se-Jatim, dalam rangka penyusunan program kerja Banser Jatim ke depan. Kita menata program-program, diklat-diklat untuk upgrading anggota,” kata Gus Irsyad.

Baca juga: Rem Blong, 2 Gadis Cantik Asal Jombang Meregang Nyawa di Jalur Cangar

Acara digelar secara ketat terbatas dalam protocol covid 19 dan dilengkapi dengan rapat secara virtual. Sejumlah kader Ansor yang menjadi tokoh pemuda dan politisi di Jatim tampak hadir. Diantaranya, Thoriqul Haq (Bupati Lumajang), K.H. Abdul Mujib Imron (Wakil Bupati Pasuruan), dan H.M Sudiono Fauzan (Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan).

Hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, di antaranya, AKBP Rofiq Ripto Himawan (Kapolres Pasuruan), Ramdhanu Dwiyantoro (Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan), Letkol Arh Burhan Fajari Arfian (Dandim 0819 Pasuruan) dan sejumlah kiai.

(msd)

Close