RIYADH – Inas al-Shahwan dilantik sebagai Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Swedia dan Islandia saat dia mengucapkan sumpah secara virtual di depan Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pelantikan itu menjadikannya sebagai duta besar wanita ketiga Kerajaan Arab Saudi.

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan al-Shahwan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas kepercayaan mereka dalam menunjuknya sebagai Duta Besar untuk Swedia dan Islandia.

Baca juga: Arab Saudi Lanjut Larangan Perjalanan pada 20 Negara, Termasuk Indonesia

Dia menyoroti pemberdayaan perempuan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Kerajaan Saudi.

Baca Juga:
  • Putra Mahkota Arab Saudi Disebut Dukung Rencana Israel Gulingkan Raja Yordania
  • Pejabat Arab Saudi Membantah Gelar Perundingan Rahasia dengan Iran
  • Seperti Apa Pahala Membangun Masjid?

Baca juga: Putin: Rusia akan Selalu Lindungi Diri dari Negara-negara Arogan

“Saat ini para wanita mencapai banyak keberhasilan di berbagai bidang, termasuk pekerjaan diplomatik, perwakilan Kerajaan di luar negeri, dan forum internasional,” ungkap laporan SPA.

Baca juga: Iran, Mesir, Irak dan Arab Saudi Dominasi Daftar Algojo Teratas Dunia

“Al-Shahwan juga berterima kasih kepada Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan atas ketertarikan dalam mendukung dan memberdayakan diplomat perempuan Saudi, yang telah menjadi salah satu pilar sistem kerja politik dan diplomatik di dalam dan di luar Kerajaan,” papar laporan SPA.

Kerajaan menunjuk duta besar wanita pertamanya, Putri Reema binti Bandar, pada Februari 2019 untuk mewakili Arab Saudi di Amerika Serikat (AS).

Pada Oktober 2020, Arab Saudi menunjuk duta besar perempuan keduanya, Amal Yahya al-Moallimi, sebagai duta besar Kerajaan untuk Norwegia.

(sya)