5 Tahun Minta Bantuan Tak Direspons, Warga Swadaya Perbaiki Rumah Tetangga Tak Layak Huni

JAKARTA – Warga RT 01/RW 04, Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, melakukan kegiatan perbaikan rumah salah satu warga yang sudah tak layak huni. Perbaikan itu dilakukan secara gotong royong antar tetangga.

Rumah tinggal yang diperbaiki itu dihuni Yus Ardian (55) yang merupakan warga Duren Sawit. Perbaikan rumah tersebut murni mengandalkan hasil suka rela warga tanpa ada bantuan dari pemerintah maupun pihak instansi terkait.

Ketua RW 04 Malaka Jaya, Sularto mengatakan, upaya itu dilakukan atas dasar kemanusiaan. Pasalnya, atap rumah yang dihuni Yus Ardian sudah tidak ada lagi penghalang sehingga terik panas matahari dan air hujan kerap mengganggu pemilik rumah saat hendak istirahat.

“Melihat kondisi yang seperti itu kami menggelar swadaya untuk memperbaiki rumah salah satu warga kita,” kata Sularto di Duren Sawit, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga:
  • Dihantam Angin Puting Beliung, 74 Rumah di Bojongsari Rusak
  • Ini Dia AsalUsul Nama Pulo Gebang Jakarta Timur
  • Pemkot Jaktim Targetkan Pemberian Vaksin Covid-19 untuk 1.200 ASN Rampung Pekan Depan

Baca juga: Pemkot Jakut Kerahkan PPSU Perbaiki Rumah Terdampak Puting Beliung di Koja

Menurut Sularto, hasil swadaya dari warga RW 04 terkumpul sebanyak Rp 13 juta. Uang tersebut akhirnya dibelikan material untuk dapat memperbaiki rumah Yus Ardian. “Sudah lima tahun rumah pak Yus rusak. Alhamdulillah rumahnya sekarang sudah dipasangi atap. Pengerjaannya dilakukan gotong royong,” bebernya.

Dia menjelaskan, sebelum upaya gotong royong itu dilakukan pihaknya telah meminta bantuan ke pihak kelurahan, namun hingga lima tahun lamanya tak juga mendapat respons.

“Sudah berkirim surat tapi tidak datang juga bantuannya. Jadi kita warga berembuk memutuskan untuk membantu Pak Yus membangun rumahnya yang sudah rusak cukup parah,” ucapnya.

Close