JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) , Yasonna H Laoly mengirim sepucuk surat kepada salah satu petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Talaud, Sulawesi Utara, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian dan dedikasinya selama 30 tahun.

“Dalam Rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57, saya mengirim surat kepada salah seorang petugas pemasyarakatan di paling ujung Utara Indonesia atas pengabdiannya dan dedikasinya selama 30 tahun,” tulis Yasonna lewat akun media sosial pribadinya, Rabu (28/4/2021).

Yasonna memilih Kasubsi Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas III Lirung, Kabupaten Talaud, Sulut, Marthen P Bee sebagai perwakilan petugas Lapas, khususnya di daerah-daerah terluar Indonesia.

Baca juga: Cerita Yasonna Laoly Jadi Loper Koran untuk Penuhi Kebutuhan Hidup

“Saya memilih Sdr Marthen P Bee, Kasubsi Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas III Lirung, Kabupaten Talaud, Sulut, sebagai perwakilan para petugas pemasyarakatan di Indonesia, secara khusus di daerah-daerah terluar Indonesia,” katanya.

Yasonna pun menceritakan betapa sulitnya mengirimkan surat kepada Marthen P Bee di Talaud. “Untuk menjangkau Lapas Kelas III Lirung ternyata tidak lah mudah, karena jadwal penerbangan Manado-Talaud hanya 2 (dua) kali seminggu, dan jika pesawat cancelled, opsi berikutnya adalah naik Fery mengarungi lautan selama 12 jam,” tulisnya.

Baca Juga:
  • Sambut Ramadhan, Rudenim Jakarta Perketat Keamanan
  • Rawan Terimbas Bencana, Komisi III DPR Dukung Relokasi Lapas Padang
  • Apakah Membicarakan Orang Lain Membatalkan Puasa?

Bahkan, kata Yasonna, surat yang dia kirim harus mengarungi lautan selama 12 jam. “Saya mendapat informasi, surat saya kepada Marthen terpaksa diantar lewat Fery mengarungi lautan selama 12 jam, karena penerbangan Manado – Talaud cancelled ketika itu. Perjuangan mengantar sebuat surat kepada Sdr. Marthen P. Bee ternyata tidak mudah, harus melalui gelombang laut yang tinggi dan pekatnya malam.”

Yasonna pun memberikan apresiasi kepada seluruh petugas Lapas di seluruh Tanah Air yang telah mengabdi kepada negara. “Pada kesempatan ini, saya juga menyampaikan apresiasi kepada para petugas pemasyarakatan di seluruh Tanah Air yang telah mengabdi dengan penuh kesungguhan, dedikasi, dan dalam keterbatasan fasilitas.”

“Pesan saya: jaga integritas, jujur, mengabdi dengan tulus dan semangat, serta jadilah abdi negara yang berdedikasi dan setia kepada NKRI! Selamat Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57,” kata Yasonna.

(thm)